Recent Posts

Please Bantu Saya, Like This !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget

BISNIS ES KRIM DENGAN MODAL KECIL

APLIKASI ANDROID SDN KEDUNGMALANG

DATABASE SDN KEDUNGMALANG 2018

PENGADUAN LAYANAN SEKOLAH

FORMULIR PENDAFTARAN SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2019-2020

DEWAN GURU SDN KEDUNGMALANG

Selasa, 06 Maret 2012

BELAJAR MATEMATIKA DENGAN ORIGAMI


KATA PENGANTAR




Dengan mengucap syukur alhamdulillah kami dapat menyelesaikan karya tulis mengenai matematika ini.
Pembelajaran matematika tidak bisa kita sampaikan hanya dengan memberikan pengetahuan semata, melainkan juga melalui kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa melakukan sendiri. Baik mengenai apa yang dilihat, didengar, atau yang dialami sendiri melalui pengalaman.
Kegiatan praktek selalu menyertai pembedari pelajaran matematika. Dalam pembahasan ini penulis menyampaikan sedikit kegiatan praktek mengenai pembelajaran matematika dengan origami yang terkenal dari Jepang itu , proses memahamkan anak tentang geometri dari proses pembuatan origami tersebutlah yang menjadi penelitian pada karya tulis ilmiah ini.
Selanjutnya penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya karya tulis ini. Akhirnya kami hanya bisa menyampaikan sedikit penelitian kami ini, mudah-mudahan apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat. Amin…..





Kedungmalang, 25 Pebruari 2012

     
Penulis








DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR ……………………………………………………………
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………..
BAB I. PENDAHULUAN ………………………………………………………..
BAB II. PEMBAHASAN
                   I.      Teknik Pembuatan …………………………………………………........
                II.      Cara kerja dan konsep …………………………………………………...
             III.      Fungsi dan kegunaan alat …………………………………………..........
BAB III. PENUTUP DAN KESIMPULAN ……………………………………….















BAB I
PENDAHULUAN

Setiap hari kita menjumpai bermacam-macam bentuk bangun ruang mulai dari balok, kubus, prisma, tabung, dll. Namun kadang-kadang kita sering lupa bahwa benda-benda tersebut adalah termasuk dalam ranah suku matematika yaitu bangun ruang, Kubus merupakan salah satu bangun ruang yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tempat kapur, kardus televisi, dll. Inilah yang mendasari kami untuk mencoba mengeksplor kembali bahwa benda-benda disekitar kita itu termasuk dalam ranah bangun ruang.  
Selain daripada itu kami juga ingin mencoba menunjukkan bahwa aplikasi teori-teori bangun ruang telah banyak membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang menyangkut tentang bangun ruang yang sering kita hadapi dalam kegiatan sehari-hari. Dan pada akhirnya semua orang sadar bahwa teori-teori bangun ruang tidak hanya sekedar konsep atau bahan ajar di sekolah yang menjemukan saja, melainkan sebuah solusi aplikatif yang nyata dan betul adanya.
Demikian karya tulis ini kami buat, kami sadar masih banyak kekurangan disana-sini dalam karya tulis ini, makanya kami berharap betul kritik dan saran dari pembaca yang budiman demi kesempurnaan karya tulis ini. Atas saran dan kritiknya kami smapaikan terima kasih.



                                                                                   










BAB II
PEMBAHASAN

I.       Teknik Pembuatan
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang tehnik pembutan Origami ada baiknya terlebih dahulu kita tahu apa itu Origamai, dari mana asalnya, dan hal-hal yang menyangkut tentang Origami
  1. Pengertian Origami
a.                   Origami adalah seni melipat kertas, sementara di USA bernama Paper Fooding , di Spanyol dikenal dengan Papiroflesia.
b.                  Kata Origami berasal dari kata Ori yang artinya “melipat bumi” diambil dari kata benda Kami yang artinya “kertas”.
c.                   Asal usul Origami sebenarnya berasal dari China lalu ke Jepang, akan tetapi berkembang pesat di Jepang daripada negara asalnya sendiri yaitu China.
  1. Tehnik Pembuatan
a.       Mengidentifikasi Bahan dan Alat
Yang dipergunakan untuk melakukan percobaan membuat Origami ini adalah dengan mempersiapkan bahan dan alat sebagaimana berikut :
1.                   Gunting atau Cutter
2.                   Kertas
3.                   lem
4.                   Pensil atau sepidol
5.                   Penggaris
6.                   Meja tempat menulis atau membuat kubus
7.                   Gelas air mineral
C.   Proses Membuat kubus
Sebelum membuat kubus ada baiknya kita pelajari dulu hal-hal yang berkenaan dengan kubus
1)     Siapkan Kertas Persegi, penggaris, pensil, dan jangan lupa gunting atau cutter 
2)       Potong kertas persegi menjadi 2 bagian sehingga menjadi persegi panjang
Gambar. 01
3)       Potong kertas persegi panjang hasil potongan pertama menjadi 2 bagian   lagi sehingga menjadi persegi
Gambar. 02
4)       Potongan kertas persegi tadi kita bentuk dan potong menjadi lingkaran
Gambar. 03
5)       Potongan kertas Lingkaran kita bagi menjadi 4 bagian
Gambar.04
6)       Potongan kertas 1/4 Lingkaran kita bentuk menjadi bangun kerucut
Gambar.05

7)       Tempelkan krucut-krucut tersebut pada gelas air mineral
Gambar.06

FOTO-FOTO KOLEKSI ORIGAMI






  1. Fungsi dan kegunaan alat
Ø  Siswa semakin akrab dan mengenal konsep dan istilah matematika yaitu Geomatri sebab pada saat guru menerangkan menerangkan Origami akan sering menggunakan istilah matematika yaitu: garis, titik sudut, segitiga, segiempat, perpotongan 2 buah garis, titik pusat, bangun ruang, bangun datar, dsb.
Ø  Dengan menekan-nekan kertas dengan ujung-ujung jari adalah latihan efektif untuk melatih motorik halus pada siswa.
Ø  Siswa pandai dan tekun membagi ukuran kertas dengan bagian-bagian yang diinginkan serta keakuratannya.
Ø  Mengembangkan pikiran logis, mengaktifkan fungsi otak kanan, melatih konsentrasi


BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan :
v  Belajar matematika dengan origami siswa akan lebih faham, lebih mengerti, dan lebih kreatif
v  Mengaktifakan otak kanan dan motorik halus
v  Belajar matematika dengan Origami bisa membentuk karya seni yang indah, menarik, dan bermanfaat
v  Bermain Origami adalah belajar matematika yang menyenangkan
B.       Penutup
            Kita perlu merasa bangga dan gembira dengan adanya teknologi seni yang banyak membantu dalam kehidupan kita sehari-hari khususnya teori-teori matematika.
            Origami adalah salah satu dari pemanfaatan teknologi seni yaitu penerapan garis, titik sudut, segitiga, segiempat, perpotongan 2 buah garis, titik pusat, bangun ruang, bangun datar, dsb.  Yang dimanfaatkan untuk mengolah kertas atau tisu bekas yang menjadi masalah terbesar akhir-akhir ini yaitu sampah, menjadi sebuah karya seni yang indah, menarik, dan bernilai ekonomis bila diperjual-belikan.
            Origami banyak kita jumpai di meja-meja kantor, sekolah, dan tempat-tempat umum lainnya sebagai hiasan yang menyejukkan mata. Selain itu juga mendatangkan banyak keuntungan bila digeluti dengan sungguh-sungguh menjadi sebuah usaha.
            Dalam pembahasan ini kita bersyukur mampu membuat karya senii secara  klasik dan tradisional walaupun toh hasilnya kurang memuaskan karena memang bukan ahlinya namun pada dasarnya prinsip kami sangat berbangga hati membuat origami yang banyak membantu dalam kehidupan kita sehari-hari.
            Demikian apa yang sudah kami paparkan, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah ilmu dan pengetahuan kita. Apabila ada kritik dan saran yang disampaikan akan kami terima dengan senang hati dan apabila ada kata atau sesuatu yang kurang berkenan mohon maaf sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih.       

                                                                                                Hormat kami  
                                                                                                Penulis